Tugas Guru Mendidik Siswa Indonesia Semakin Menantang, Jangan Lagi Sepelekan Kesejahteraannya

By Syawal, S.Pd 26 Jun 2024, 21:20:02 WIB Pendidikan
Tugas Guru Mendidik Siswa Indonesia Semakin Menantang, Jangan Lagi Sepelekan Kesejahteraannya

Dunia pendidikan bergerak dinamis. Ada saja perubahan yang menuntut setiap elemen beradaptasi, khususnya para guru. Tanggung jawab mereka tak bisa diremehkan dalam mendidik siswa agar tak hanya pintar, tapi juga berkepribadian positif.

Hal itu dirasakan pula oleh Octavia Wuri Pratiwi. Pendiri Sekolah Tanpa Batas yang berlokasi di Gandul, Depok, tersebut menyebut Merdeka Belajar memantik banyak pergerakan dan perubahan paradigma terkait pendidikan. Ia menilai guru berkesempatan untuk terus mengembangkan diri dan berinovasi di kelasnya sehingga kemerdekaan belajar bisa dirasakan oleh semua anak di Indonesia.

Namun, hal itu bukan tanpa tantangan. tantangan terberat sebagai guru di pendidikan non-formal yang fokus mengurus anak putus sekolah dan anak dari keluarga ekonomi bawah adalah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi mereka untuk tetap semangat belajar meski menghadapi berbagai kesulitan.

"Anak-anak putus sekolah mungkin kehilangan motivasi dalam belajar karena berbagai alasan, seperti pengalaman negatif di sekolah sebelumnya atau tekanan ekonomi. Anda perlu menciptakan lingkungan yang memotivasi mereka dengan mengadakan kegiatan yang menarik dan relevan dengan kehidupan mereka, serta memberikan dukungan emosional yang mereka butuhkan,"

Selain motivasi, anak-anak tersebut juga bisa jadi memiliki keterampilan belajar yang rendah. Untuk itu, mereka perlu disediakan program pembelajaran yang sesuai dengan tingkat mereka, termasuk pembelajaran yang bersifat praktis dan berbasis pengalaman.

Kondisi ekonomi yang kurang baik juga dapat menghambat anak-anak tersebut untu tetap bersekolah. Karena itu, pihak sekolah perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat, untuk membantu dalam hal beasiswa atau program bantuan makanan.

"Anak-anak tersebut mungkin menghadapi tantangan sosial dan emosional, seperti konflik keluarga atau tekanan dari lingkungan sekitar. Anda (guru) perlu menjadi sosok yang dapat dipercaya dan memberikan dukungan bagi mereka untuk mengatasi masalah-masalah tersebut,"

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment